Kegiatan Berbahasa di Berbagai Lingkungan.

Nama : Fatimatuz Zahroh

NIM / OFF : 190544636040 / E16

Mata Kuliah : Pendidikan Bahasa Indonesia



"Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dan bahasa nasional. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Bahasa Daerah / lokal sebagai identitas."


Dari pernyataan tersebut, saya akan menyampaikan beberapa pendapat saya terkait apa yang saya nantinya lakukan pada kegiatan berbahasa di forum, di lingkungan sosial, dan lingkungan keluarga.

Di tempat forum, saya akan berbagi pengalaman dalam menggunakan bahasa Indonesia, 

Inggris ataupun daerah kepada orang-orang yang berasal dari berbeda tempat, berbeda 

kebangsaan, atau sejenisnya. Misalnya saya berada dalam forum yang berisi orang-orang yang 

berasal dari berbagai negara. Di dalam forum tersebut saya akan menggunakan Bahasa inggris 

sebagai Bahasa internasional yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang di 

berbagai negara. Dari komunkasi tersebut, kita dapat memperkenalkan budaya kita kepada 

mereka termasuk Bahasa Indonesia dan Bahasa daerah. Pada forum nasional, kita 

menggunakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa yang dapat menyatukan kita dari perbedaan 

Bahasa di setiap daerahnya. Dari sana juga kita dapat mempelajari Bahasa daerah lain yang 

tidak kita ketahui sebelumnya. Untuk Bahasa daerah, dapat kita gunakan untuk berkomunikasi 

pada keluarga, yang tentunya terdapat Bahasa halus yang sudah jadi diajarkan oleh orang tua 

kita. Selain itu dapat kita lestarikan sebagai identitas daerah juga sebagai bukti kekayaan bangsa 

Indonesia. Pada lingkungan sosial, saya dapat berbagi pengalaman dalam penggunaan Bahasa 

sehari-hari yang berbeda, yang tentunya yang saya dapatkan adalah pengalaman langka untuk 

belajar Bahasa baru dari tempat dan orang yang berbeda.

Untuk mendidik anak, Bahasa apa yang saya prioritaskan untuk anak saya nanti? Menurut 

saya, Bahasa pertama yang harus dikuasai anak adalah Bahasa daerah, Bahasa sehari-hari yang 

dipakai untuk beraktivitas di suatu daerah, atau yang biasa disebut Bahasa ibu. Dari orang tua, 

anak dapat mempelajari Bahasa daerahnya terlebih dahulu. Setelah anak mulai memasuki usia sekolah, barulah anak tersebut diajarkan Bahasa Indonesia untuk membangun rasa nasionalisme 

dan sebagai identitas bahwa dia adalah bangsa Indonesia. Barulah jika anak sudah menguasai 

Bahasa daerah dan Bahasa Indonesia yang baik, anak dapat diajarkan Bahasa inggris untuk 

bekalnya dalam era globalisasi, sehingga membuka pandangannya bahwa masih banyak 

budaya-budaya lainnya, ilmu-lmu, dan banyak yang dapat dipelajari hanya dengan menggunakan 

Bahasa inggris. Kita juga dapat mengajarkan banyak sekali manfaat dalam belajar Bahasa, 

termasuk rasa toleransi terhadap sesama manusia yang tentunya memiliki pandangan, suku, budaya, yang berbeda-beda. 



Komentar

  1. Untuk penulis. Mungkin bisa lebih diperbaiki lagi paragrafnya. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Saya setuju dengan saudara Demes, akan lebih baik jika paragraf di perbaiki, terimakasih

    BalasHapus
  3. Artikel dari saudara faza sangat bagus. Mungkin saran dari saya, saudara faza bisa lebih memperhatikan penggunaan tanda baca dan memperbaiki paragraf lagi. Terima kasih

    BalasHapus
  4. isinya sudah menarik dan saran saja tampilan, penataan kalau bisa rapi dan di buat paragraf supaya lebih enak di pandang terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas sarannya. Akan saya perbaiki lain waktu.

      Hapus
  5. Tulisan Anda sudah bagus. Saran saya hanya untuk paragraf bisa ditata lebih rapi, kemudian untuk penggunaan huruf kapital juga diperhatikan. Terimakasih

    BalasHapus
  6. Terima kasih, akan saya perbaiki lain waktu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Forum Forum Tertentu

BAHASA

Kedudukan dan Penggunaan Bahasa Nasional, Bahasa Internasional dan Bahasa Daerah