Kegiatan Berbahasa di Berbagai Lingkungan.
Nama : Fatimatuz Zahroh
NIM / OFF : 190544636040 / E16
Mata Kuliah : Pendidikan Bahasa Indonesia
"Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dan bahasa nasional. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Bahasa Daerah / lokal sebagai identitas."
Dari pernyataan tersebut, saya akan menyampaikan beberapa pendapat saya terkait apa yang saya nantinya lakukan pada kegiatan berbahasa di forum, di lingkungan sosial, dan lingkungan keluarga.
Di tempat forum, saya akan berbagi pengalaman dalam menggunakan bahasa Indonesia,
Inggris ataupun daerah kepada orang-orang yang berasal dari berbeda tempat, berbeda
kebangsaan, atau sejenisnya. Misalnya saya berada dalam forum yang berisi orang-orang yang
berasal dari berbagai negara. Di dalam forum tersebut saya akan menggunakan Bahasa inggris
sebagai Bahasa internasional yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang di
berbagai negara. Dari komunkasi tersebut, kita dapat memperkenalkan budaya kita kepada
mereka termasuk Bahasa Indonesia dan Bahasa daerah. Pada forum nasional, kita
menggunakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa yang dapat menyatukan kita dari perbedaan
Bahasa di setiap daerahnya. Dari sana juga kita dapat mempelajari Bahasa daerah lain yang
tidak kita ketahui sebelumnya. Untuk Bahasa daerah, dapat kita gunakan untuk berkomunikasi
pada keluarga, yang tentunya terdapat Bahasa halus yang sudah jadi diajarkan oleh orang tua
kita. Selain itu dapat kita lestarikan sebagai identitas daerah juga sebagai bukti kekayaan bangsa
Indonesia. Pada lingkungan sosial, saya dapat berbagi pengalaman dalam penggunaan Bahasa
sehari-hari yang berbeda, yang tentunya yang saya dapatkan adalah pengalaman langka untuk
belajar Bahasa baru dari tempat dan orang yang berbeda.
Untuk mendidik anak, Bahasa apa yang saya prioritaskan untuk anak saya nanti? Menurut
saya, Bahasa pertama yang harus dikuasai anak adalah Bahasa daerah, Bahasa sehari-hari yang
dipakai untuk beraktivitas di suatu daerah, atau yang biasa disebut Bahasa ibu. Dari orang tua,
anak dapat mempelajari Bahasa daerahnya terlebih dahulu. Setelah anak mulai memasuki usia sekolah, barulah anak tersebut diajarkan Bahasa Indonesia untuk membangun rasa nasionalisme
dan sebagai identitas bahwa dia adalah bangsa Indonesia. Barulah jika anak sudah menguasai
Bahasa daerah dan Bahasa Indonesia yang baik, anak dapat diajarkan Bahasa inggris untuk
bekalnya dalam era globalisasi, sehingga membuka pandangannya bahwa masih banyak
budaya-budaya lainnya, ilmu-lmu, dan banyak yang dapat dipelajari hanya dengan menggunakan
Bahasa inggris. Kita juga dapat mengajarkan banyak sekali manfaat dalam belajar Bahasa,
termasuk rasa toleransi terhadap sesama manusia yang tentunya memiliki pandangan, suku, budaya, yang berbeda-beda.
Untuk penulis. Mungkin bisa lebih diperbaiki lagi paragrafnya. Terimakasih
BalasHapusBaik, terima kasih.
HapusSaya setuju dengan saudara Demes, akan lebih baik jika paragraf di perbaiki, terimakasih
BalasHapusBaik, terima kasih saudara fitria
HapusArtikel dari saudara faza sangat bagus. Mungkin saran dari saya, saudara faza bisa lebih memperhatikan penggunaan tanda baca dan memperbaiki paragraf lagi. Terima kasih
BalasHapusTerima kasih atas masukan Anda.
Hapusisinya sudah menarik dan saran saja tampilan, penataan kalau bisa rapi dan di buat paragraf supaya lebih enak di pandang terima kasih
BalasHapusTerima kasih atas sarannya. Akan saya perbaiki lain waktu.
HapusTulisan Anda sudah bagus. Saran saya hanya untuk paragraf bisa ditata lebih rapi, kemudian untuk penggunaan huruf kapital juga diperhatikan. Terimakasih
BalasHapusTerima kasih, akan saya perbaiki di lain waktu.
HapusTerima kasih, akan saya perbaiki lain waktu.
BalasHapus