BAHASA

 

Nama              : Eko Febrianto

NIM                 : 190544636029

Offering           : E16

Mata Kuliah     : Pendidikan Bahasa Indonesia

 

BAHASA

Bahasa merupakan kemampuan kita dalam berkomunikasi dengan orang lain yang harus kita kuasai. Di dunia ini ada banyak bahasa. Setiap negara, kota, dan hingga pelosok desapun memiliki bahasa yang sangat beragam. Salah satu negara dengan bahasa terbanyak di dunia adalah Indonesia. Indonesi bukan hanya terkenal akan kekayaan alamnya saja. Namun Indonesia terkenal dengan kekayaan bahasa yang dimilikinya. Terutama bahasa daerah. Kekayaan bahasa tersebut menjadi pengikat dan pemersatu bangsa. Sebuah keunikan yang mampu selaras dalam berbagai kesempatan. Dalam berbahasa memiliki ketentuan dan juga kedudukan bahasa itu sendiri. Secara umum bahasa memiliki tiga kedudukan yaitu bahasa daerah, bahasa nasional, dan bahasa internasional.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional. Tentu seluruh warga negara wajib untuk bisa berbahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai alat komunikasi yang kita gunakan kemanapun kita akan pergi di seluruh penjuru daerah yang ada di Indonesia. Sebagai pribadi, jika berada dalam suatu forum maka saya akan menggunakan Bahasa Indonesia karena itu merupaka bahasa yang pasti semua orang dapat mengerti apa yang sedang saya bicarakan. Karena forum merupakan sekumpulan orang yang bisa jadi datang dari berbagai daerah. Sehingga untuk mengurangi dan menghindari kesalah pahaman dalam komunikasi. Begitu pula dalam sebuah tulisan ilmiah, Bahasa Indonesia harus dan wajib digunakan. Bahasa Indonesia yang digunakan adalah bahasa yang baik dan benar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan menggunakan kata ejaan yang disempurnakan (EYD). Karena dalam sebuah tulisan ilmiah sudah ada kriteria dan pakem yang sudah dipatenkan. Sehingga kita tidak dapat menggunakan bahasa sesuka hati kita.

Dalam masyarakat sosial, bahasa yang saya gunakan adalah sesuai dengan kelompok tertentu. Karena masyarakat sosial tidak hanya terpaku pada masyarakat yang tinggal sekitar tempat tinggal atau rumah kita, melainkan di berbagai daerah dimanapun kita berkunjung disana pasti ada yang namanya interaksi sosial. Jika berinteraksi dengan masyarakat sekitar rumah maka yang saya gunakan adalah bahasa sehari-hari yang sudah digunakan pula orang-orang sebelum saya. Bahasa daerah misalnya. Jika interaksi sosial itu dengan orang diluar lingkungan sehari-hari maka saya akan menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh saya dan juga orang lain, baik berupa bahasa daerah maupun Bahasa Indonesia. Namun untuk memperlancar interaksi dan bisa saling memahami maka pilihan tepat adalah Bahasa Indonesia. Berbeda dengan lingkungan keluarga. Dalam lingkungan keluarga saya menggunakan bahasa daerah atau bahasa yang memang diajarkan dan diterapkan dalam keluarga sejak saya kecil. Karena itu sudah sesuatu yang melekat dan menjadi bahsa identitas kita. Sama seperti bahasa daerah, bahasa daerah disebut sebagai bahsa identitas karena hanya orang yang berasal dari daerah tersebutlah yang mampu dan memahami bahasa tersebut. Dan itu sesuatu yang menjadi sebuah ciri khas dan tanda pengenal kita. Dengan bahsa daerah maka orang lain akan dengan mudah mengenali dari mana kita berasal.

Sebagai orang tua yang kelak akan memiliki keturunan maka kita harus membuat kesepakatan bersama pasangan kita, kita akan mengajari anak-anak kita dengan bahasa apa. Sehingga anak tidak bingung dengan bunyi suara yang berbeda yang dapat mengganggu perkembangan linguistik seorang anak. Jika saya, maka saya sendiri akan menggunakan bahasa daerah terlebih dahulu. Tentu bukan tanpa alasan, semua itu pasti ada tujuannya. Saya memilih bahasa daerah agar anak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya kelak. Karena bahasa yang lainnya dapat kita pelajari kelak dalam proses belajar di sekolah maupun dimana saja. Tentu pula uuntuk menjaga sebuah identitas dan juga kekayaan daerah yang dimiliki, sehingga orang tidak akan merasa gengsi jika berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerahnya. Seorang anak akan mampu dengan cepat belajar bahasa, terutama Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Seiring dengan berjalannya waktu, tentu seseorang akan mempelajari berbagai bahasa. Bukan hanya Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dan bahsa nasional. Namun kita harus mampu menguasai dan memahami bahasa lain, seperti Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Karena itu merupakan bahsa asing yang minimal wajib kita kuasai. Karena jika kita akan pergi ke suatu negara maka kita harus mampu menjalin komunikasi dengan warga di negara tersebut. Salah satu bahasa yang mampu dipahami adalah Bahasa Inggris. Karena itu menjadi modal utama kita agar kita dapat memperluas relasi dan juga pengetahuan, entah nanti kita akan melanjutkan kuliah ke luar negeri atau hanya sekadar liburan.

Jadi, kita harus mampu menguasai bahasa yang sudah saya sebut diatas agar kita mampu menjalin interaksi dengan siapapun. Karena sekali lagi bahasa merupakan perantara kita dalam menjalin hubungan sosial dimanapun.

Komentar

  1. Saran saja, agar penulis memperbaiki beberapa tulisan yang salah dan memperhatikan penggunaan huruf kapital. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik terimakasih atas sarannya, saya akan perbaiki kedepannya

      Hapus
  2. Bagaimana pendapat kamu apabila orang tua yang mengajarkan anak dengan bahasa inggris padahal lingkungan sekitar mereka menggunakan bahasa daerah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya itu adalah hak setiap orang tua, perkara nanti si anak berinteraksi dengan teman sebayanya yang mayoritas berbahasa daerah, maka lambat laun akan mengerti juga dengan bahasa daerah. karena anak kecil itu belajar dengan cara melihat dan menirukan, juga mendengar dan menirukan

      Hapus
  3. Dalam esai diberitahukan apabila bahasa daerah sebagai identitas diri, bagaimana upaya agar bahasa daerah yang merupakan identitas tidak pudar atau tersisihkan oleh bahasa asing?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya, bahasa daerah tetap diajarkan kepada anak sejak kecil, perlu ditanamkan budaya daerah yang merupakan kekayaan dan juga warisan. sehingga kecintaan anak terhadap bahasa daerah tak mudah tersisihkan oleh bahasa asing. karena kosa kata bahasa daerah terbukti lebih kaya dan beragam daripada bahasa asing

      Hapus
  4. Untuk penulis, saran saja. Lebih baik kalau penulisan judul hanya menggunakan huruf kapital pada huruf pertama saja. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik terimakasih. setahu saya, penulisan judul ada dua versi, yang pertama adalah huruf setiap huruf depan saja ( Bunga Desa Mekar Berseri), dan ada pula yang menggunakan huruf kapital semua seperti judul yang saya tuliskan. mohon maaf jika saya salah

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Maaf sebelumnya mas eko jika untuk bahasa lain seperti contohnya bahasa Indonesia bisa dipelajari disekolah ataupun dilingkungan lain, apakah kita sebagai calon orang tua juga tidak akan mengajarkan bahasa Indonesia sejak kecil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih pertanyaannya. untuk bahasa Indonesia itu sendiri tetap kita sebagai orang tua mempunyai kewajiban mengajarkannya sejak dini, biasanya pengenalan terhadap bahasa Indonesia di daerah saya dikenalkan ketika hendak memasuki play group, kadang juga sebelum itupun sudah dikenali meskipun tidak semuanya dapat terserap. jadi intinya orang tua wajib mengajarrkan bahasa Indonesia sejak kecil

      Hapus
  7. Penulisan artikelnya yang sudah dibuat bagus dan dapat memberikan informasi yang baik. cukup mudah dipahami

    BalasHapus
  8. Tulisan yang menarik, dimana penggunaan bahasa dapat menyesuaikan kedudukan dimana mas Eko berada.
    Dalam ilmu Sosiologi, tiap individu memiliki kemampuan adaptasi terhadap sebuah kelompok yang disinggahi. Dan dalam tulisan ini sudah mencerminkan demikian.

    BalasHapus
  9. Bagaimana jika salah satu keluarga dalam suatu daerah dilingkungannya tidak menggunakan bahasa daerah walaupun orangtua tersebut bisa bahasa daerah. Apakah prioritasnya tetap bahasa daerah? Bagaimana komunikasinya dengan orang sekitar?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Forum Forum Tertentu

Kedudukan Bahasa dalam Kegiatan Berbahasa

PERAN BAHASA YANG ADA DI INDONESIA