Kedudukan dan Penggunaan Bahasa Nasional, Bahasa Internasional dan Bahasa Daerah

 

Kedudukan dan Penggunaan Bahasa Nasional, Bahasa Internasional dan Bahasa Daerah

Kemajuan era modernisasi global kini memberikan banyak sekali pengaruh terhadap sistem sosial di seluruh dunia, perkembangan global tidak hanya membawa dampak yang positif seperti cepat dalam berkomunikasi, informasi yang sangat mudah untuk didapat, dan inovasi yang semakin canggih, tetapi tanpa disadari bahwa globalisasi membawa dampak negatif pula bagi kehidupan manusia, begitupun masyarakat Indonesia yang terus mengikuti laju perkembangan modernisasi global yang mengakibatkan semakin banyaknya bahasa serta budaya asing masuk ke Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini masyarakat Indonesia telah terpengaruh oleh era modernisasi global yang dibuktikan dengan minat masyarakat indonesia terhadap kebudayaan asing yang di implementasikan pada sinema, makanan, serta ragam nyanyian. Sehingga mengakibatkan terkikisnya kebudayaan lokal dari suatu daerah, generasi muda Indonesia yang tidak memahami pentingnya berbahasa yang baik, dan juga gaya hidup yang tidak sesuai adat masyarakat Indonesia. Maka dari itu mengetahui tentang kedudukan dan penggunaan bahasa nasional, Bahasa internasional dan Bahasa daerah merupakan suatu hal yang penting saat ini.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional.  Indonesia terdiri dari banyak pulau, suku dan ras, disinilah letak pentingnya Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa sehingga tiap warga negara Indonesia yang memiliki latar belakang suku atau ras yang berbeda dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa indonesia. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Negara-negara yang terdapat di dunia ini memiliki beragam bahasa yang ada, keberagaman Bahasa inilah yang mengharuskan dipilihnya suatu bahasa yang dominan dikuasai di seluruh dunia sebagai bahasa international agar komuniakasi antar negara atau warga negara dapat terjalin dengan baik. Bahasa daerah adalah Bahasa yang tumbuh pada lingkup geografis tertentu, misalnya bahasa jawa yang tumbuh pada Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah, bahasa sunda yang tumbuh pada Provinsi Jawa Barat dan masih banyak lagi. Pada penggunaan Bahasa daerah memiliki banyak sisi positif yang dapat diterapkan dikehidupan sehari hari, seperti mengetahui penggunaan Bahasa sesuai usia lawan bicara yang mana hal ini sangat mengajarkan sopan santun. Penggunan Bahasa daerah pada pergaulan sehari-hari juga akan meningkatkan rasa keakraban. Bahasa daerah merupakan salah satu unsur budaya yang ada di Indonesia sehingga sudah sepatutnya kita lestarikan dan terus kembangkan potensinya.

Pada penyusunan tulisan ilmiah harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta pemilihan diksi yang tepat sehingga maksud dan tujuanya dapat diketahui dengan jelas. Pada penyusunan tulisan ilmiah,  jikalau tulisan ilmiah tersebut berpotensi untuk dimanfaatkan diberbagai negara, maka menguasai bahasa inggris sebagai bahasa internasional sangatlah penting. Berbagai profesi yang ada juga dituntut mampu berbicara dan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, akan tetapi tuntutan mampu berbahasa Inggris juga diperlukan diberbagai sektor demi menunjang kinerja instansi tersebut. Pada lingkup social, penggunaan bahasa nasional, internasional dan daerah memiliki proporsinya masing-masing, misalkan pada saat berkomunikasi dengan kolega,dosen atau orang memiliki jabatan lebih tinggi akan leih baik jika menggunakan bahasa Indonesia, pada saat berkomunikasi dengan warga negara asing lebih baik menggunakan bahasa Indonesia terlebih dahau baru sedikit demi sedikit memperkenalkan bahasa Indonesia dan daerah yang ada. Pada lingkungan keluarga pasti memiliki kecendrungan  dalam memilih bahasa apa yang mereka akan gunakan dalam keseharian. Jika berada pada posisi sebagai seorang orang tua saya memiliki prinsip bahwa kedudukan bahasa nasional, internasional dan daerah pada era globalisasi ini tidak ada yang kalah penting. Namun mempelajari Bahasa Indonesia yang baik dan benar terlebih dahulu merupakan dasar penting untuk dapat mengembangkan potensi bahasa internasional dan bahasa daerah yang kita miliki. Dengan berbahasa yang baik dan benar berbagai hal yang kita hadapi kedepan pasti dapat dilalui dengan baik juga.

 

Utamakan bahasa Indonesia

Lestarikan bahasa daerah

Kuasai bahasa asing.

Komentar

  1. Bagus. Saya menyukai tulisan ini. Khususnya "Utamakan bahasa Indonesia, Lestarikan bahasa daerah, Kuasai bahasa asing." Menurut saya penulis sangat berpikiran terbuka.

    BalasHapus
  2. Bahasa pada artikel sangat tersusun rapi. Isinya juga berbobot serta dapat dipahami diberbagai kalangan. Terimakasih penulis

    BalasHapus
  3. Bagaimana pendapat anda dengan orang yang berada di daerah pedesaan dan terpencil yang mengutamakan bahasa daerah dalam bahasa kesehariannya?

    BalasHapus
  4. Bagaimana tanggapan anda melihat banyak anak-anak sekarang ini cenderung lebih memilih untuk mempelajari bahasa asing dari pada bahasa nasional (indonesia) sendiri?

    BalasHapus
  5. Penulisan artikel menarik, padat dan jelas 👍

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Forum Forum Tertentu

Kedudukan Bahasa dalam Kegiatan Berbahasa

PERAN BAHASA YANG ADA DI INDONESIA